Jumat, 25 Januari 2013

apel sehat, penuh manfaat :)

 Jangan Dulu Buang Kulit Apel!

detail berita

KITA sering membuang bagian buah apel yang tak ingin dikonsumsi, seperti kulit serta seratnya. Sayang sekali, padahal bagian-bagian tersebut bisa diolah menjadi makanan enak.

Beberapa bagian buah apel tidak dimakan lantaran mengganggu kenyamanan mulut ketika menguhanya. Tunggu dulu, simak beberapa bagian buah apel yang kerap tak digunakan padahal bisa diolah, seperti dilansir Yumsugar berikut ini:

Kulit

Selama ini, Anda mungkin hanya bisa membeli keripik apel dalam kemasan. Mengapa tidak mencoba membuatnya sendiri di rumah? Caranya sangat mudah. Kupas apel dan ambil bagian kulitnya. Beri sedikit sirup dengan rasa sesuai selera lalu panggang pada suhu yang rendah selama beberapa jam atau panggang hingga renyah.

Daging

Selain kulitnya, daging buah apel pun bisa dipakai menjadi makanan lezat. Anda bisa membuat salad buah dengan menambahkan beberapa potongan buah lainnya. Berikan potongan kasar kacang atau selai almond sebagai bahan tambahannya. Anda juga bisa membuat makanan kesukaan Michelle Obama, yakni apple cobbler. Proses memasaknya sangat lambat hingga menghasilkan caramelize pada setiap gigitannya.

Bagian tengah apel

Gunakan pengupas buah lalu ambil bagian tengah apel. Simpan dalam kantong kedap udara dan taruh di lemari es sampai Anda ingin memasaknya. Karena apel memiliki kadar pektin cukup tinggi, Anda juga bisa membuat jeli apel.

Apel utuh

Gunakan apel utuh untuk membuat jus apel. Dengan dibuat sendiri, Anda bisa lebih tahu kandungan jus ketimbang membelinya di luar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar